Commited to the best quality and result
logo

2017

Pengertian Pompa Axial ( Pompa Banjir )

Pengertian Pompa Axial ( Pompa Banjir )

Memasuki musim penghujan biasanya terjadi banyak genangan air disekitar kita. Sistem drainase yang kurang baik sering menyebabkan aliran air menjadi terhambat, sehingga bisa menimbulkan banjir. Untuk mengurangi debit air dengan cepat kita memerlukan pompa air yang mampu menyedot air dengan volume besar.
Pompa aksial adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengalirkan fluida dari potensial rendah ke potensial yang lebih tinggi dengan menggunakan gerak putaran dari blades/Impller dan mempunyai arah aliran yang sejajar dengan sumbu porosnya.
Axial pump atau pompa aksial, sering juga disebut sebagai pompa propeller. Pompa aksial sebenarnya masih tergolong ke dalam pompa sentrifugal, karena memiliki prinsip kerja yang tidak jauh berbeda. Hanya saja pompa axial mengalirkan fluida secara aksial (tegak lurus) dan umumnya ke atas.
Pompa axial ini dapat juga digolongkan sebagai salah satu dari kinetik pump, karena perpindahan fluida di sini tidak disebabkan oleh perpindahan dari alat-alat yang digerakkan oleh tenaga kinetis yang berasal dari tenaga penggerak tersebut. Pompa ini menghasilkan sebagian besar tekanan dari propeler dan gayalifting dari sudut terhadap fluida. Pompa ini banyak digunakan di sistem drainase dan irigasi.
Prinsip Kerja
Pompa axial merupakan salah satu jenis pompa yang masuk kedalam kelompok pompa dinamik. Pompa jenis ini berfungsi untuk mendorong fluida kerja dengan arah yang sejajar terhadap sumbu/poros impellernya.
Energy mekanik yang dihasilkan oleh sumber penggerak ditransmisikan melalui poros impeller untuk menggerakkan impeller pompa. Putaran impeller memberikan gaya aksial yang menggiring fluida sehinggga menghasilkan energi kinetik pada fluida kerja tersebut. Pada beberapa desain pompa aksial, terpasang sudu-sudu tetap (diam) yang membentuk diffuser pada sisi keluaran pompa. Fungsinya adalah untuk menghilangkan efek berputar dari fluida kerja dan mengkonversikan energi kinetik yang terkandung didalamnya menjadi tekanan kerja.
Pompa axial digunakan pada sistem-sistem yang membutuhkan debit air fluida tinggi, dengan besar head yang rendah. Pompa jenis ini banyak digunakan pada sistem irigasi, pompa penanggulangan banjir, dan di pembangkit listrik tenaga uap digunakan untuk mensuply air laut sebagai media pendingin di kondensor.
Cara Perawatan Pompa Axial
Agar pompa yang kita gunakan dapat bertahan lama, tentu kita harus melakukan perawatan. Adapun cara-cara perawatan pompa air aksial, yaitu:
1. Jangan membebani listrik dengan menempatkan steker terlalu banyak pada stop kontak pompa. Hal ini akan menyebabkan panas dan timbul kebakaran.
2. Hindari pengoperasian pompa dalam kondisi kering atau tanpa air. Pengoperasian dalam kondisi kering akan memperpendek umur pompa, sekaligus merusak motor.
3. Jangan membungkus, menyelimuti pompa, karena dapat menyebabkan kebakaran.
4. Tambahkan saringan pasir / Screen pada sekeliling pompa untuk menyaring kotoran / sampah agar tidak terhisap kedalam pompa yang bisa menyebabkan putara pompa macet.

Latest 2017

BINDOWATER 2017BINDOWATER 2017
PT Alvadiwipa Anugerah mengikuti ajang pameran 2(dua) tahunan Pameran Indowater 2017 di Jakarta Convention Center , pada tanggal 12-14 Juli 2017. Pameran ini diikuti oleh banyak perusahaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pameran ini sebagai ajang pengenalan atau mempromosikan Produk-Produk yang dipasarkan produsen kepada konsumen.
Pengertian Pompa Axial ( Pompa Banjir )
Memasuki musim penghujan biasanya terjadi banyak genangan air disekitar kita. Sistem drainase yang kurang baik sering menyebabkan aliran air menjadi terhambat, sehingga bisa menimbulkan banjir. Untuk mengurangi debit air dengan cepat kita memerlukan pompa air yang mampu menyedot air dengan volume besar.
Pressure Tank Atau Tanki Tekan
Pressure Tank Atau Tanki Tekan
Pressure tank adalah tangki air tekan yang dilengkapi membran didalamnya. Membran terbuat dari bahan Karet Ban bagian dalam pada sepeda motor atau mobil namun memiliki ketebalan lebih besar. Tangki tekan ini dipasang pada output atau saluran keluar air dari pompa yang biasanya digunakan pada sistem pengoperasian otomatis dengan menggunakan pressure switch.